Fitnes & Latihan > Latihan

Membentuk Kaki Kokoh

Membentuk Kaki Kokoh
Men'sHealth

Otot betis memiliki tugas yang sangat penting bagi kaki. Untuk mengembangkannya, perlu beberapa latihan yang terfokus pada betis.

  1. Squat Rack Calf Raise. Saat Anda di gym, cobalah berlatih menggunakan squat rack dan dapatkan calf box (sebuah kotak kecil kokoh untuk menurunkan tumit dari pinggir box bersamaan saat Anda mengangkat kaki dengan jari-jari kaki dan mata kaki ). Ambil sebuah beban medium di squat rack dan set setinggi bahu. Berdirilah di calf box sehingga posisi tumit berada di pinggiran kotak, lalu letakkan bar di atas bahu Anda. Gunakan jari-jari kaki dan otot betis untuk mendorong berat hingga Anda berdiri jinjit. Tahan posisi selama dua detik, kemudian turunkan secara perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 – 12 repetisi.
  2. Squats. Latihan squat regular cukup baik untuk otot betis. Untuk  hasil yang lebih optimal, tambahkan beban pada bahu untuk meningkatkan tekanan terhadap otot betis. Agar otot betis terlibat selama latihan squat, pastikan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Anda dapat mengkombinasikan latihan ini dengan jumping squat.
  3. Skipping atau Lompat Tali. Latihan ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan sekaligus membangun otot betis. Lakukan sekitar 20 menit agar otot betis tersobek dan membentuk jaringan otot baru. Karena lompat tali akan membuat gerakan sedemikian rupa yang menggerakan betis.
  4. Sprint atau Berlari Cepat.  Salah satu cara terbaik untuk mendorong dan memberi tekanan pada kaki melalui hentakan gerakan. Berlari juga dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan membentuk tubuh dengan baik.
  5. Leg Press Machine. Bermanfaat untuk mengembangkan otot quadricpes dan bagian kaki lainnya. Namun dengan sedikit variasi gerakan, dapat juga melatih otot-otot betis. Duduklah di kursi dan mulailah dengan beban ringan dan tambahkan perlahan sampai batas kekuatan otot betis Anda. Dorong beban dan secara perlahan kembalikan ke posisi awal. Latihan ini sangat baik untuk membentuk betis, karena tekanan konstan dari mesin latihan ini akan membuat otot-otot betis bekerja keras.

Selamat mencoba!





    KOMENTAR ANDA



200 karakter tersedia

 
Dengan meng-klik tombol “kirim” berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.

    

Seni Penetrasi

Seni Penetrasi

Di abad ke-7, seorang dokter Cina bernama Li Tung-hsuan Tzu, memberikan sembilan macam penetrasi dalam berbagai kedalaman, arah, maupun kecepatan.