Kesehatan > Antar Kita

Memilih City Car Idaman

Memilih City Car Idaman
-
Bagi Anda yang harus menghadapi kemacetan setiap hari, city car menjadi pilihan mobil yang lebih unggul daripada yang lain. Selain itu, jenis kendaraan ini juga memerlukan biaya perawatan yang tidak besar, nilai pajak kendaraan yang rendah, plus  rendah emisi. Ikuti panduan dari kami agar Anda tahu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Bentuk bodi. Bentuk bodi yang kotak pada city car, meskipun berdimensi mungil, biasanya dapat memaksimalkan ruang kabin dibanding mobil lain yang  berbentuk bulat. Dengan lekukan bodi yang minim, maka ruangan yang bisa digunakan dalam mobil berukuran kurang dari 4 meter ini bisa digunakan secara maksimal.

Kapasitas mesin. Ukuran  mesin pada city car tidak lebih dari 1.200 cc. Namun, pada beberapa merk, performa dari kapasitas yang kecil telah berhasil dimaksimalkan dengan menggunakan teknologi seperti variable valve timing atau double continuously valve timing. Fitur tersebut juga dapat lebih memaksimalkan daya torsi dan tenaga yang ada. Selain itu, juga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar, karena pada putaran rendah hanya beberapa katup saja yang bekerja –semua katup akan beroperasi pada putaran atas.

Posisi mengemudi. Pilihlah yang memiliki posisi duduk dan roda kemudi yang paling pas untuk Anda, serta penyetelan kursi dan naik turun setir yang dapat disesuaikan dengan postur tubuh. Cara mencobanya, saat Anda duduk, ulurkan kedua tangan ke posisi jam 9 lewat 15 pada setir. Lalu, rasakan apakah Anda merasa nyaman dengan posisi tersebut. Jika tidak, mungkin mobil tersebut bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Dan, karena kebanyakan city car tidak dilengkapi dengan power steering, maka memilih kemudi yang berdiamater besar dan peganggan yang (lebih) tebal akan memungkinkan Anda untuk membelokkan kendaraan dengan lebih ringan.

Posisi pintu. Untuk memudahkan akses keluar masuk mobil, perhatikan letak dan bentuk pintu mobil. Terutama untuk pintu belakang, pilihlah bentuk pintu yang paling nyaman untuk keluar dan masuk penumpang. Apalagi, hal ini sangat penting diperhatikan oleh Anda yang sering berpergian dengan anak- anak.

Fitur pengaman.  Demi keamanan  berkendara, perhatikan fitur–fitur keamanan  seperti kantong udara dan sabuk pengaman –selain di kursi depan, sebaiknya sabuk pengaman juga ada di setiap tempat duduk di belakang. Perhatikan juga posisi jok untuk meletakkan kursi bayi dan ruang bagasi yang lapang. Sistem pengaman childlock bisa menjadi pertimbangan utama, jika Anda sering membawa anak kecil di kursi belakang. Sedangkan jika city car yang Anda inginkan belum dilengkapi dengan sabuk pengaman pada kursi-kursi di baris ketiga, Anda dapat menambahkannya sebagai perangkat opsional.



    KOMENTAR ANDA



200 karakter tersedia

 
Dengan meng-klik tombol “kirim” berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.

    

Seni Penetrasi

Seni Penetrasi

Di abad ke-7, seorang dokter Cina bernama Li Tung-hsuan Tzu, memberikan sembilan macam penetrasi dalam berbagai kedalaman, arah, maupun kecepatan.